Apakah Hipnotis sama dengan Sihir? Apakah Hukum belajar Hipnotis?

Soal:

Assalamu’alaikum. Bolehkah mempelajari ilmu hipnotis atau sihir?  Bagaimanakah pandangan syari’at mengenai hal itu?

(Abu Muhammad, Bekasi, +6285×83286xxx)

Jawaban:

Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah pernah ditanya tentang sihir dan hukum mempelajarinya. Beliau menjawab:

Menurut para ulama, sihir secara bahasa ialah segala yang lembut dan tidak terlihat sebabnya. Hal itu karena sihir mempunyai pengaruh yang tersembunyi yang tidak bisa dilihat oleh manusia. Sihir dengan pengertian ini mencakup perbintangan dan perdukunan. Bakan mencakup akibat yang disebabkan oleh (suatu) penjelasan dan kelihaian dalam mengolah kata-kata, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Sesungguhnya sebagian bayan (penjelasan yang memukau) adalah sihir.” [HR.al-Bukhori 5146]

Segala sesuatu yang memiliki pengaruh dengan cara yang tersembunyi termasuk kategori sihir.

Sebagian ulama ada yang mendefinisikan bahwa sihir adalah azimat, ruqyah, dan buhul yang berpengaruh dalam hati, akal, dan badan, lalu meniadakan akalnya, menumbuhkan cinta dan kebencian lantas memisahkan antara suami dengan istrinya, menyakiti badannya serta meniadakan daya pikirnya.

Belajar sihir hukumnya haram, bahkan termasuk kekafiran jika sarananya bersekutu dengan setan. Allah azza wa jalla berfirman:

Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), namun setan-setan itulah yang kafir (mengerjakan sihir)…” [QS.al-Baqoroh/2: 102]

Belajar sihir jenis ini, yakni yang melalui jalan bersekutu dengan para setan, termasuk kekafiran. Dan mempergunakannya juga merupakan bentuk kekafiran, kezholiman dan permusuhan terhadap makhluk. Karena itu, setiap penyihir harus dibunuh, baik karena riddah (murtad) maupun sebagai had (hukuman). Jika sihirnya dengan cara yang dinilai kufur, maka ia dibunuh karena murtad dan kafir. Namun jika sihirnya tidak mencapai derajat kekafiran, maka ia dibunuh sebagai had untuk menolak kejahatan dan keburukannya terhadap umat Islam.

[Al-Majmu’ ats-Tsamin min Fatawa asy-Syaikh Ibnu Utsaimin 2:130-131]

Sumber: Disalin ulang dari Majalah al Mawaddah Edisi ke-8, Tahun ke-3, Robi’ul Awwal-Robi’uts Tsani 1431 H, Maret 2010 Hal.47

diambil dari  : Al Qiyamah – Moslem Weblog

About these ads

8 responses to “Apakah Hipnotis sama dengan Sihir? Apakah Hukum belajar Hipnotis?

  1. risa

    Jadi Hipnotis itu sama dengan sihir!!!

  2. zaky hanafi

    nah ini jadi masalah nih pak..? saya pernah baca hadits yang mengatakan penjelasan yang memukau adalah sihir. dan di hadist lain dikatakan sihir adalah haram, dan pelakunya adalah kafir.
    masalahnya…, semua komunikasi, dan konsultasi adalah merupakan penjelasan yang memukau bagi orang yang mendengar.
    jadi saya juga bingung karena jujur saya sendiri adalah praktisi hypnosis. dan saya juga patuh akan hukum islam. saya tau apa sebab akibat proses kenapa dan apa yang terjadi pada hypnosis itu, maka saya jadi sadar bahwa tiap manusia sebenarnya melakukan hal yang sama (hypnosis) terhadap manusia lainnya tiap kali mereka melakukan komunikasi. khususnya ketika seseorang konsul, atau berharap jawaban akan menolongnya. jawaban yang ia dapat itu akan sangat memukau fikirannya karena ia memang butuh jawaban.

    saya minta bapak beri sedikit pendapat mengenai ini.
    ok, mungkin yang di maksud hadits tersebut adalah “bahasa memukau yang menipu” nah lagi lagi hypnosis nih…
    tapi seperti yang kita ketahui bersama, bahwa hypnosis adalah proses menanamkan keyakinan (informasi) baru langsung ke pusat pemikirannya… lalu, mana yang menipu di sini..?
    memang sekarang masyarakat harus mendapat pejelasan yang spesifik mengenai arti sihir.
    jika memang maksud hadits tersebut adalah seperti yang di tuliskan saja tanpa ada maksud atau makna lebih dalam lagi, maka berarti kita semua ummat manuis sudah banyak yang melakukan praktek sihir. seorang guru yang menjelaskan pada muridnya, band band anak muda yang di sambut sorak gembira fansnya, ustadz yang berceramah dengan syahdu hingga jemaah menangis tersedu sedu karenanya, seseorang yang cerita lucu hingga kita tertawa, dll semua itu adalah berproses yang sama dengan hypnpsis. singkatnya setiap penjelasan yang memukau pemikiran si pendengar, di tandai dengan reaksi dari si pendengar untuk penjelasan itu, makadalah hypnosis.a itu mohon pendapatnya

      • zaky hanafi

        saya sudah buka link yg bapak anjurkan, dan saya sudah baca artikel tentang hypnosis tapi masalahnya ustadznya juga malah gak nyambung.
        pesan saya fahamai sesuatu sebelum berbicara, baca komentar saya di situ dengan nama zaky hanafi.

        ok, saya buka sedikit tentang hypnosis.
        hypnosis adalah proses alami pada otak dan system informasinya. setiap manusia melakukan hypnosis pada orang lain dengan atau tanpa ia sadarai. termasuk pak dokter yang membuat tulisan. bapak tengah melakukan hypnosis pada pembaca tulisan bapak. disaat pembaca fokus pada tulisan bapak, secara otomatis otak kanannya membuat visualisasi tentang informasi informasi yang di masukkan ke otak kiri dengan membaca melalui mata.
        jika bapak menuliskan sebuah kisah pembunuhan, maka pembaca kisah tersebut membuat video visual dengan otak kanannya pristiwa pembunuhan itu terjadi (saat ia membaca itu juga)setiap adegan dalam video pristiwa pembunuhan yang ada dalam bayangannya itu, adalah setiap adegan yang bapak ceritakan dengan tulisan yang ia baca. dua hal ini (membaca tulisan, dan video visual) berlangsung bersamaan. begitulah setiap hari yang terjadi pada system informasi kita, begitualah setiap kali kiata coba melakukan suatu pemahaman, begitulah cara kerja otak kita pak…..!!!! semakin ia konsentras membaca kisah yang bapak tuliskan tersebut semakin jelas gambar pada video yang tengah ia buat, sehingga ia bisa merinding ngeri ketika membaca kisah pembunuhan tersebut (reaksi), dan semakin kuatlah cerita itu nantinya ia rekam dalam memorinya otaknya. tiap waktu ia akan teringat pada cerita dalam tulisan bapak itu, setiap kali ia teringat rasa ngeri yang ia rasakan ketika membaca tulisan bapa akan kembali ia rasakan. dan hal ini berlangsung tlama tergantung seberapa konsent ia membaca ketika itu, dan seberapa pintar bapak mengolah kata ketika menceritakannya. dan inilah hypnosis….! prosesini adalah proses yang sama ketika hypnosis berlangsung. manusia melakukan hypnosis antara satu sama lain kapan pu dimanapun dan kepada siapapun tiapkali mereka berinteraksi. semoga komentar saya ini di baca par ustadz ustadz yang ahli qur’an untuk di carikan dalilnya, dan untuk sekedar tukar pengetahuan dengan beliau beliau tersebut, dan agar beliau beliau bisa berfikir sebelum berkata.

  3. zaky hanafi

    oh ya pak.
    sekalian saya berharap bapak beri tahu status halal haramnya obat medis. karena tidak sedikit obat medis yang SANGAT MEMBUTUHKAN PENEGASAN HALAL HARAM. (bapak tau sendiri)
    jika masyarakat selama ini pernah bertanya tentang ini, dan ketika itu msyarakat mendapat jawaban “dharurat”, karena dharurat maka itu tak mengapa.
    pertanyaannya…, sampai kapan jawaban dharurat ini di pake…? dari dulu hingga kini jika ada pertanyaan seperti ini (jika di bahas spesifik obat) selalu jawabannya adalah dharurat.
    memamng harusnya pertanyaan ini say layangkan ke LPPOM, atau MUI. namun kalau bertanya kepak dokterpun bukan berarti saya gak salah bertanya.

    • بسم الله الر حمن الر حيم
      Terima kasih atas atensinya, jawaban akan saya buat dengan urutan angka;
      1. Status halal harom obat, para ulama-lah yang berhak menentukanny. Namun ulama mmbthkan penjelasan ttg bhn obat trsbt & semua yang berhub. Dengan nya (dlm hal ini mngkn BPOM).
      2. Saya tidak faham pernyataan anda “karena tidak sedikit obat medis yang SANGAT MEMBUTUHKAN PENEGASAN HALAL HARAM”. Krn setahu saya justru sedikit obat yang butuh penegasan halal haramnya. Mungkin sebaiknya anda menyebutkan secara spesifik.
      3. Saya juga tidak faham yang dipertnyakan halal haramnya oleh masyarakat itu obat apa atau obat yang bgmn? Apa semua obat? Ini prl kejelasan. Mungkin anda bisa memberikan artikel/yg lain dr pernyataan anda ini.
      4. Juga pernyataan darurat itu dari siapa? Krn kalau yang berkata praktisi medis atau yang semisal dengannya hal itu tdklah menjdkan obat yang harom mnjd halal.
      Sementara demikian jawaban saya, smg bermanfaat.

  4. zaky hanafi

    Maaf pak agak lama baru bisa buat komen lagi.
    maksud saya dengan tidak sedikit obat medis yang membutuhkan penegasan halal haram adalah:

    kapsul yang memakai cangkang belakangan di ketahui terbuat dari organ tubuh babi (sahabat saya yang bekerja bagian farmasi mengakui hal ini). sementara sebagian kapsul medis adalah menggunakan cangkang (semisal pil atom)
    -serum yang di suntik kan untuk penderita penyakit gula terbuat dari apa pak…?
    -99% obat medis tak ada yang bersertifikat halal mui hal ini pernah di bahas tuntas majalah hidayatullah namun edisinya saya lupa. nanti jika majalahnya sudah ketemu lagi bisa saya informasikan. yang jelas judul besar di sampul majalah tersebut sangat mengagetkan “SKANDAL LAMA MEDIS”

    maksud saya mengataka masyarakat bertanya halal haram:

    ketika masalah vaksin menengitis haji bergejolak (sekitar tehun 2008)sejumlah pihak mempertanyakan status halal haram obat medis yang kepada MUI, di temukanlah beberapa obat medis yang meragukan halalnya, namun ketika itu pihak yang bertanya mendapat jawaban DHARURAT. alasan nya si sakit butuh obat, dan kalau pun obat tersebu berbahan haram, maka itu di perbolehkan karena dalam kondisi DHARURAT.
    namun yang jadi pertanyaan kenapa hingga kini sertifikat halal haram obat medis tak kunjung jelas,? seolah para petinggi agama ini masih memakai jawaban DHARURAT untuk pasien yang membutuhkan obat yang di ragukan halalnya?
    (jika bapak bertanya obat apa itu? untuk sementara ini saya jawab setiap kapsul yang bercangkang. namun sungguh masih ada lagi selain itu, tapi saya chek kembali dulu sebelum menuliskannya)

    saya sangat sedih ketika melihat sejumlah keluarga sakit, namun mereka memutuskan untuk tidak datang kedokter, karena mereka takut dengan status obat medis yang belum jelas hingga kini….!!! di daerah saya sumatra. dan tidak sedikit saudara kita yang memerka perduli dengan halal haram, ketika mereka sakit mereka tidak mau kedokter, malah memilih berobat seadanya di rumah.

    jika dalam tema dakwah, mungjkin saya sebaiknya membuat tulisan mengenai ini, tapi untuk langkah awal saya hanya akan menghubungi redaksi majalah hidayatullah edisi khusus yang pernah membahas masalah ini agar edisi tersebut di terbitkan kembali, dan saya bantu pemasaran nya semampu saya.
    maaf, maksud saya bukanlah mau menjelek jelekkan medis, dan mengankat pengobatan lain, namun saya cuma mau meminta kejelasan mengenai hal ini.

    beberapa dokter ada yang memandang bahwa tulisan seperti saya ini, atau majalah hidayatullah tersebut adalah untuk menjatuhkan medis di mata publik demi meraih kesuksesan suatu pengobatan tertentu.
    naudzubillah… kami tidak bermaksud seperti itu kami cuma mau kejelasan saja, berhubung hal ini tak kunjung jelas juga (status halal haram) maka hal inilah salah satu pemicu bermunculan pengobatan alternatif lain yang mebawa nama suatu golongan atau agama untuk menjadi pilihan bagi masyarakat yang membutuhkan kesehatan dengan status obat yang jelas. demikian

  5. Hipnotis bisa dibilang haram iya.dan bs dibilang halal iya juga.
    Hipn0tis haram apabila salah gunakanya .
    dan halal jika untuk menolong sesama.
    pkoq nya trgntung diri kita yg gunakanya lah.”TIADA MANUSIA YANG TAK BERDOSA, xixixixix..”

    hpnotis dan sihir memang lain. Hipnotis ya hpn0tis, dan shir ya shir.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Untuk yang Sehati

Bercita-cita mengamalkan Islam secara utuh adalah suatu hal yang wajib bagi setiap muslim....
Namun bila belum mampu seluruhnya, jangan ditinggalkan semuanya....Karena Alloh Subhanahu wata'ala tidak membebani seseorang kecuali sesuai kemampuan maksimal yang dimiliki...

Buat diriku & dirimu

....Jangan pernah merasa cukup untuk belajar Islam, karena semakin kita tahu tentang Islam, semakin kita tahu tentang diri kita (...seberapa besar iman kita, ...seberapa banyak amal kita,....seberapa dalam ilmu kita, dan sebaliknya...seberapa besar kemunafikan kita, ...seberapa banyak maksiat kita, ...seberapa jauh kedunguan kita)
....Barangsiapa mengenal dirinya, maka semakin takut ia kepada Alloh Subhaanahu wata'ala

Do’a kita

Semoga Alloh Subhaanahu wata'ala meneguhkan hati kita dalam Islam hingga maut menjemput kita,...aamiin

Kalender

Maret 2010
S M S S R K J
« Feb   Apr »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Total Pengunjung

  • 158,029 klik
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: